site

desc

Uncategorized

Daftar Kuliner Khas Dieng Wonosobo, Wajib Dicoba!

Dieng, sebuah dataran tinggi yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, bukan hanya familiar dengan estetika alamnya yang menakjubkan, tetapi juga dengan masakan khasnya yang lezat dan unik. Berikut merupakan daftar lengkap makanan dan oleh-oleh dari tempat Dieng, Wonosobo yang mesti Anda coba.

 

Oleh-oleh Khas Dieng Wonosobo

Dieng menawarkan pelbagai oleh-oleh tradisional yang mempesona lidah pelancong yang berkunjung dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Berikut merupakan sebagian masakan oleh-oleh khas Dieng Wonosobo.

 

Kacang Dieng
Kacang Dieng, atau kerap kali disebut sebagai “kacang babi” oleh penduduk setempat, merupakan oleh-oleh khas yang familiar dari Dieng. Kacang ini digoreng dengan balutan tepung dan bumbu-bumbu yang membuatnya sangat lezat. Pantas sebagai oleh-oleh kering yang praktis dari Wonosobo.

 

Purwaceng
Tanaman purwaceng merupakan salah satu oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang paling dicari. Alasannya, tanaman mahjong ways 2 ini dipercaya sebagai obat herbal yang bisa menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal-pegal. Purwaceng juga diketahui sebagai “obat kuat tradisional” dan kerap kali dipilih sebagai oleh-oleh khas dari Wonosobo.

 

Kripik Jamur
Wonosobo diketahui sebagai penghasil jamur, dan keripik jamur merupakan salah satu oleh-oleh khasnya. Diwujudkan secara rumahan, keripik jamur dari Wonosobo mempunyai cita rasa yang khas dan berbeda dari yang lain.

 

Sagon
Sagon, yang terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan gula, merupakan oleh-oleh khas yang sangat familiar dari Wonosobo. Sagon dimasak dengan cara dibakar mengaplikasikan arang atau kayu bakar, memberikan cita rasa yang unik dan lezat.

 

Opak Singkong
Opak singkong merupakan olahan keripik tradisional dari Wonosobo yang dicampur dengan kucai dan garam. Rasanya yang asin dan gurih membuatnya menjadi alternatif oleh-oleh yang tepat dari Wonosobo.

 

Carica
Carica merupakan buah khas Dieng yang kerap kali diolah menjadi manisan atau sirop. Mudah dibawa dan disukai banyak orang sebagai oleh-oleh khas dari Wonosobo.

 

Terong Belanda
Buah terong belanda merupakan oleh-oleh khas lainnya dari Wonosobo yang kerap kali dibawa oleh pelancong. Kecuali bisa dibawa mentah, terong belanda juga diolah menjadi pelbagai produk seperti sirop.

 

Dendeng Gepuk
Dendeng gepuk, yang terbuat dari daging sapi alternatif, merupakan oleh-oleh andalan Wonosobo yang lezat dan mudah ditemukan. Pantas diberi tahu dengan nasi dan saus pedas bajak.

 

Teh Tambi
Teh tambi merupakan produk teh unggulan dari Dieng yang ditanam di ketinggian 4500 kaki di atas laut. Bagi pecinta teh, teh tambi merupakan oleh-oleh yang mesti dicoba saat berada di Wonosobo.

 

Baca Juga: 10 Daerah Tamasya Terbaik di Dieng, Wajib Dikunjungi!

 

Makanan Khas Dieng

Dengan bumbu-bumbu tradisional yang khas dan cita rasa yang autentik, makanan khas Dieng sudah mempesona banyak lidah dan hati para pelancong yang berkunjung ke tempat tersebut. Berikut merupakan sebagian di antaranya.

 

Mi Ongklok
Mi ongklok merupakan salah satu jenis bakmi khas Wonosobo yang lezat. Umumnya dijual dalam bentuk mentah untuk dibawa pulang, mi ongklok menjadi oleh-oleh unggulan dari Wonosobo.

 

Tempe Kemul
Tempe kemul merupakan varian gorengan unik ala Wonosobo yang terbuat dari tempe, bumbu rempah-rempah, dan sayuran. Kuliner khas Dieng ini sangat layak dibuat oleh-oleh dan camilan sehat.

 

Dendeng Gepuk
Salah satu makanan khas Dieng yang mesti dicoba merupakan dendeng gepuk. Kuliner ini berupa daging gurih yang dipadukan dengan nasi putih hangat. Dagingnya empuk dan lembut, sehingga setiap gigitannya akan meleleh di mulut dan meninggalkan sensasi yang tidak terlupakan.

 

Nasi Megono
Nasi megono terbuat dari potongan nangka muda dengan perpaduan parutan kelapa. Diperkenalkan dengan nasi dan aneka lauk bakal membikin masakan khas Dieng ini makin sedap. Kombinasi rasa manis dari nangka dan kelapa serta rempah-rempah yang mengabsorpsi membikin nasi megono menjadi sajian yang kaya akan cita rasa.

 

Soto Golak
Kuliner khas Dieng yang satu ini juga tidak keok lezatnya. Golak sendiri merupakan jajanan dari singkong dan parutan kelapa. Kuah soto yang gurih dan hangat, diberi tahu dengan irisan singkong dan parutan kelapa, mewujudkan paduan rasa yang unik dan menggugah selera.

 

Manis Pepe
Manis pepe merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan santan dan gula. Teksturnya lembut dan kenyal, dan rasanya manis gurih. Tidak jarang, masakan khas Dieng ini kerap kali dibuat dessert maupun oleh-oleh yang dicari banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *