site

desc

Uncategorized

Masakan Legendaris Kota Solo, Ada Warung Langganan Jokowi

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Kota Solo yaitu salah satu tujuan liburan favorit saat musim libur tiba. Tidak cuma pesona destinasi liburan alam dan budaya, Kota Solo juga memiliki jenis sajian kuliner legendaris yang memanjakan lidah.

Pelancong akan merasa dimanjakan dengan banyaknya opsi kuliner legendaris Kota Solo yang kelezatannya telah teruji semenjak semenjak puluhan tahun. Untuk melengkapi pengalaman liburan Anda di Kota Solo, tak ada salahnya untuk mampir dan mencoba sebagian sajian kuliner legendaris ini.

1. Soto Gading Soto Gading yang dibuka pertama kali pada 1974 yaitu salah satu kuliner legendaris Kota Solo. Sebagian pejabat termasuk presiden seperti Soeharto, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo telah pernah mencicipi soto ini. Bahkan Presiden Jokowi telah menjadi pelanggan tetap Soto Gading semenjak sebelum menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Soto Gading yaitu nama kuliner soto berkuah kaldu bening, dengan isian suwiran daging, bihun, irisan daun bawang, dan umum dirasakan dengan nasi. Terdapat dua opsi menu di Soto Gading, yaitu soto ayam dan soto sapi. Sementara untuk https://www.freevirtualworldonline.com/ pendamping, terdapat banyak opsi lauk pelengkap seperti tempe goreng, tahu goreng, sosis solo, sate babat, sate usus, sate kerang, paru sapi, sate telor puyuh, sate uritan, sate kikil, keripik, dan bakwan. Alamat: Soto Gading 1 Jalan Brigjen Sudiarto No.75, Surakarta. Jam buka: pukul 06.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. 2. Sate Kere Yu Rebi Sate kere menjadi makanan favorit Presiden Jokowi dan keluarga, malahan sempat dikenalkan pada acara pernikahan Kahiyang Ayu di tahun 2017. Sate Kere Yu Rebi telah dijajakan secara berkeliling semenjak 1970, melainkan warungnya mulai berdiri pada 1986. Tidak seperti sate lain yang terbuat dari daging, Sate Kere Yu Rebi yang yaitu ikon kuliner legendaris Kota Solo terbuat dari tempe gembus. Walau begitu, Sate Kere Yu Rebi juga menyajikan opsi sate daging, jeroan, sampai torpedo. Alamat: Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Surakarta. Jam buka: pukul 11.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. 3. Warung Selat Mbak Lies Warung Selat Mbak Lies berdiri semenjak 1987 memang berdiri di dalam sebuah gang kecil, melainkan tiap liburan selalu dipenuhi pengunjung. Kecuali menyajikan menu selat solo dengan cita rasa khas, terdapat menu lain seperti sup matahari, sup pengantin, timlo, sampai tahu acar. Salah satu menu andalan di Warung Selat Mbak Lies yaitu selat lidah dengan rasa yang otentik. Alamat: Jalan Pejuang, Gg. 2 No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. Jam buka: pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

4. Nasi Liwet Wongso Lemu Nasi Liwet Wongso Lemu yaitu kuliner malam legendaris di Kota Solo. Bahkan untuk menikmatinya, pengunjung wajib bersabar sebab warung ini selalu memiliki antrean panjang sebab ramai pembeli. Nasi hangat yang dimasak dengan santan terasa gurih, dipadukan dengan sayur labu siam, suwiran opor ayam, dan areh santan. Pengunjung juga dapat memilih lauk tambahan seperti dada ayam, paha ayam, ati ampela, dan masih banyak lagi. Alamat: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta Jam buka: pukul 16.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB. 5. Warung Sate Kambing Mbok Galak Warung Sate Kambing Mbok Galak yang telah ada semenjak 1980 juga menjadi salah satu lokasi liburan kuliner yang sering dikunjungi para pejabat. Salah satu menu khas Warung Sate Kambing Mbok Galak yaitu sate buntel yang sekilas mirip dengan sate lilit khas Bali. Sate buntel yaitu sate dari daging cacah yang ditusuk dan dibungkus dengan lemak kambing kemudian dibakar. Diberi dengan kecap manis dan nasi panas, kuliner sate ini memang memiliki rasa yang menarik hati selera. Alamat: Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jam buka: pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *