site

desc

Uncategorized

Camilan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Jakarta

Di sedang gempuran camilan kekinian yang disukai banyak orang, camilan khas Betawi rupanya masih eksis sampai sekarang.

Memang tidak sepopuler dulu, tetapi camilan tradisonal nan lezat ini masih mampu anda jumpai di lapak-lapak pedagang kaki lima, toko oleh-oleh, sampai area wisata tenar Jakarta.

Apa saja sih, camilan khas Betawi yang patut anda coba? Yuk, lihat sepuluh di antaranya!

Cemilan Khas Betawi
1. Kerak Telor

Kerak telor terbuat berasal dari beras ketan putih, telur, ebi sangrai, bawang numerounosantaclarita.com merah goreng, dan bumbu halus berasal dari kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan juga gula pasir.

Bahan-bahan ini dimasak di atas wajan kecil dan tungku api sampai terciptalah kerak telor gurih asin bersama dengan bau khas arang tungku.

Jika tertarik mencoba, anda mampu mencari penjual kerak telor di tempat-tempat wisata sampai acara besar Jakarta. Sebut saja di Kota Tua, Setu Babakan, dan acara ulang th. Ibu Kota.

2. Kue Ape

Selanjutnya ada kue ape, camilan khas Betawi yang berbentuk bulat. Bahan-bahan kue ini terbilang sederhana, yakni tepung terigu dan susu.

Kue ape awalnya putih seperti serabi. Namun, sejalan waktu, banyak penjual jadi beri tambahan perisa pandan untuk membuahkan warna hijau yang kini menjadi ciri khasnya. Ada juga varian warna lain dan juga tambahan topping keju dan meses.

Kue ape mampu anda jumpai di beraneka penjuru Jakarta, khususnya di pinggir jalan dan dekat sekolah.

3. Putu Mayang

Camilan khas Betawi ini berbentuk menggelung dan bergelombang seperti mi. Teksturnya kenyal waktu rasanya adalah perpaduan antara manis dan gurih.

Dahulu, camilan khas Betawi ini ada didalam warna putih saja. Namun, sejalan waktu, putu mayang kini lebih dikenal sebagai penganan beragam warna, seperti putih, pink, dan hijau.

Putu mayang biasanya disediakan di atas mangkung selanjutnya disiram kinca atau saus gula merah. Kue satu ini mampu anda nikmati di beraneka festival kebudayaan kuliner atau pagelaran budaya dan kuliner Betawi.

4. Kembang Goyang

Camilan khas Betawi ini terbuat berasal dari tepung beras dan santan. Karena sama kembang dan dibikin bersama dengan digoyang-goyangkan di minyak panas supaya adonan terlepas berasal dari cetakan, kue ini pun dinamai kembang goyang.

Mulanya, camilan kering ini hanya punyai rasa manis dan satu warna saja. Namun, kini kembang goyang telah punyai varian rasa dan warna lain, seperti rasa keju, gurih, warna pink, warna hijau, dan lainnya.

Selain sering memeriahkan Lebaran, kembang goyang biasanya mampu anda jumpai di toko oleh-oleh atau kios-kios kue kering.

5. Kue Dongkal

Kue dongkal merupakan camilan sederhana khas Betawi bersama dengan cita rasa manis legit dan gurih.

Penganan ini terbuat berasal dari bahan basic tepung beras ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Perpaduan itu membuahkan makanan berpola belang putih dan cokelat.

Bentuknya sendiri terbilang unik, yakni mengerucut seperti kue tumpeng sebab dibikin bersama dengan kukusan nasi bambu yang berbentuk demikian.

Meski telah jadi sukar dijumpai, anda mampu belanja camilan ini di pasar tradisional dan kaki lima, seperti area Rawa Belong dan Pasar Minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *