site

desc

Uncategorized

Makanan Khas Papua, Nomor 3 Substitusi Nasi!

Makanan khas Papua mungkin masih terasa asing. Nah, buat kau yang penasaran, yuk simak apa aja sih makanan khas Papua. Papua merupakan wilayah yang berada paling ujung timur Indonesia. Papua berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Papua tenar estetika alam nya. Pamor masakan bahkan tidak kalah juga, sebab Papua mempunyai banyak makanan unik yang menjadi ciri khasnya. Kali ini Viva akan rangkuma makanan khas Papua untuk kau kenal, simak ulasannya!

1. Ulat Sagu

Ulat dapat di makan, oh tentu. Ulat sagu menjadi makanan khas Papua ini di percayai mengandung vitamin yang sangat tinggi. Ulat berasal dari larva kumbang merah. Memperoleh ulat ini cuma dengan menebang batang pohon sagu dan kemudian batang batang hal yang demikian dibiarkan sampai membusuk. Pohon sagu yang membusuk ini akan timbul ulat.

Memakan ulat sagu dapat dijalankan secara langsung atau dibakar seperti kita membakar sate. Terdapat juga pengolahan lain, merupakan dengan merebus nya, ulat sagu ini disajikan dengan sambel tentu kian nikmat dimakan. Ulat sagu ini merupakan makanan khas Papua yang sangat gates of olympus bergizi, bahkan bebas dari kolesterol, tentu hal hal yang demikian kian di gemari oleh masyarakat Papua.

Memakan ulat sagu dapat dijalankan secara langsung atau dibakar seperti kita membakar sate. Terdapat juga pengolahan lain, merupakan dengan merebus nya, ulat sagu ini disajikan dengan sambel tentu kian nikmat dimakan. Ulat sagu ini merupakan makanan khas Papua yang sangat bergizi, bahkan bebas dari kolesterol, tentu hal hal yang demikian kian di gemari oleh masyarakat Papua.

2. Manis Lontar

Makanan khas Papua yang satu ini sekilas mirip dengan kue pie, bagi masyarakat Papua yang menganut agama Silam, kue lontar disajikan ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri, dan juga sebagai kue di perayaan tahun baru, ulang tahun, dan perayaan spesial lainnya bagi masyarakat Papua.

Manis Lontar makanan khas Papua ini diwujudkan dengan cetakan besar yang menghasilkan ukuran kue ini, melainkan ada juga yang berukuran kecil dan lazimnya dijual untuk oleh-oleh. Manis Lontar mempunyai rasa manis dan gurih ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, susu dan tepung vanili yang diwujudkan langsung oleh masyarakat papua tanpa adanya silang kultur atau percampuran dari luar dalam perbuatannya. Menurut laman kultur-idnonesia.org, dahulu kue ini disebut sebagai kue Rontart, Tetapi, sebab sulit diungkapkan olah masyarakat Papua dalam pengucapan nya, karenanya. Namanya menjadi berubah menjadi kue lontar.

3. Papeda

Makanan khas Papua ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, sehingga bagi masyarakat Papua Papeda diwujudkan makanan substitusi nasi. Makan ini demikian itu digemari warga Papua dan membikin beberapa wisatawan mau mencobanya, sebab mempunyai tampilan yang unik. Papeda terbuat dari bahan dasar tepung sagu sehingga tidak heran jika mempunyai tekstur yang kental. Papeda lazimnya dibungkus mengaplikasikan daun pisang jika untuk disimpan. Papeda lazimnya dihidangkan bersama ikan, daging, kelapa dan sayuran, yang paling populer merupakan mencampur nya dengan kuah ikan. Sistem memakan Papeda dengan menggulung nya dengan gata-gata atau alat makan yang terbuat dari bambu dan langsung dapat di lahap! 4. Ikan Kuah Kuning

Makan khas Papua yang satu ini lazimnya dipasangkan dengan Papeda yang mempunyai rasa tawar. Dalam membikin santapan ini, lazimnya ikan yang diaplikasikan merupakan ragam ikan tongkol atau ikan ragam lain yang berasal dari perairan tawar maupun asin. Makanan khas Papua yang satu ini tampak segar dengan warna kuning yang merupakan hasil olahan kunyit sebagai bumbu rempah yang paling dominan dalam komposisi pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *