site

desc

Uncategorized

Kuliner Terenak Di Jakarta Yang Sering Diburu Wisatawan

Kota Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia yang kosmopolitan, menawarkan ragam kuliner yang mencerminkan keberagaman budaya dan kuliner dari seluruh penjuru nusantara. Berikut adalah beberapa kuliner yang sangat menggugah selera di Kota Jakarta:

  1. Nasi Goreng: Nasi goreng adalah hidangan nasi yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia. Di Jakarta, Anda dapat menemukan variasi nasi goreng, mulai dari nasi goreng kambing hingga nasi goreng seafood.
  2. Soto Betawi: Soto Betawi adalah sup khas Jakarta yang terbuat dari daging sapi, jeroan (isi perut dan usus), kentang, dan tomat. Soto Betawi biasanya disajikan dengan nasi, emping, dan sambal.
  3. Ketoprak: Ketoprak adalah hidangan vegetarian yang terdiri dari parlay hari ini lontong, tahu goreng, bihun, dan tauge, disiram dengan saus kacang dan bumbu khas. Ketoprak sering dijual di kaki lima atau warung makan di Jakarta.
  4. Gado-gado: Gado-gado adalah hidangan salad sayur yang disiram dengan saus kacang kental, dicampur dengan lontong, tahu goreng, tempe, kentang rebus, dan telur rebus.
  5. Nasi Uduk: Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, tempe orek, dan telur balado.
  6. Kerak Telor: Kerak telor adalah makanan tradisional Betawi yang terbuat dari campuran beras ketan, telur, ebi (udang kering), kelapa parut, dan bumbu-bumbu rempah. Makanan ini kemudian dipanggang atau digoreng.
  7. Rawon: Rawon adalah sup daging hitam khas Jawa Timur yang menggunakan keluak (buah yang memiliki rasa pahit) sebagai bumbu utama. Di Jakarta, Anda dapat menemukan banyak warung yang menyajikan rawon.
  8. Bakso: Bakso adalah bola daging yang biasanya terbuat dari campuran daging sapi giling. Bakso disajikan dalam kuah kaldu dengan tambahan mie, tahu, pangsit, dan sayuran.
  9. Martabak: Martabak adalah adonan tepung gandum yang diisi dengan campuran telur, daging, dan bumbu rempah. Martabak bisa berupa martabak telur atau martabak manis dengan berbagai pilihan isian.
  10. Es Teler: Es Teler adalah minuman segar yang terdiri dari potongan buah seperti alpukat, kelapa muda, nangka, dan cincau yang disajikan dalam es serut dan diberi susu kental manis.
  11. Sate: Jakarta memiliki berbagai jenis sate, seperti sate padang, sate madura, dan sate kambing. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis.
  12. Ayam Penyet: Ayam penyet adalah ayam goreng yang dihancurkan dan disajikan dengan sambal pedas, irisan mentimun, dan lalapan.

Kota Jakarta benar-benar merupakan surga kuliner dengan berbagai macam pilihan hidangan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dari berbagai latar belakang budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *