site

desc

Uncategorized

5 Masakan Indonesia yang Bikin Kau Yakin, Negeri Ini Surga Makanan Nikmat!

Setiap negara punya makanan khas yang tak dapat lepas dari kehidupan masyarakatnya sehari-hari. Bila di Jepang kau mengenalsushidan di Italia akrab dengan pasta, Indonesia juga punya banyak makanan khas yang pastinya telah tak asing lagi bagi kau.

Traveloka telah merangkum 10 makanan khas Indonesia kemungkinan telah pernah kau cicipi atau bahkan jadi makanan favoritmu tiap-tiap harinya. Konon, banyak masyarakat Indonesia di luar negeri yang merasa kangen dengan makanan-makanan di bawah ini, lho.Penasaran apa saja 10 makanan yang masuk situs judi bola dalam daftar Traveloka? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Nasi uduk

Bagi beberapa orang Indonesia, nasi uduk merupakan hidangan ideal untuk disantap dikala sarapan. Nasi uduk tak berwarna putih bersih layaknya nasi lazim sebab dimasak dengan memakai air santan, daun salam, daun jeruk, laos, serai, dan garam. Namun, hal ini tak mengurangi kelezatannya, bahkan menambahkan rasa gurih dan wangi yang khas. Dalam penyajiannya, nasi uduk lazim dipadukan dengan ayam goreng, telur iris, bihun goreng, saos pedas, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

Konon, nasi uduk merupakan makanan khas Betawi. Tidak mengherankan seandainya kau dapat menemukan banyak penjual nasi uduk di Jakarta, terlebih di pagi hari dikala orang-orang sarapan. Kebon Kacang menjadi salah satu wilayah yang dikenal dengan nasi uduknya. Terutamanya, menurut beberapa sumber, wilayah ini juga dikenal sebagai penggagas nasi uduk di Jakarta.

2. Nasi goreng

Bila nasi uduk lazim disantap di pagi hari, nasi goreng sedap disantap kapan saja. Nasi goreng menjadi sebuah alternatif praktis bagi kau yang kesusahan mempertimbangkan menu untuk makan. Tidak patut beli nasi goreng jadi, masakan ini juga dapat dimasak sendiri dengan gampang di rumah.

Meski namanya sama, tapi nasi goreng di tiap-tiap daerah atau kota di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Nasi goreng merah Surabaya, umpamanya, berwarna merah cerah dari saus tomat dengan tambahan ayam suwir, telur dadar, acar mentimun, dan kerupuk yang menggoda selera. Ada juga nasi goreng Padang yang tenar dengan rasa pedasnya dan kadang kala dimasak memakai bumbu rendang.

3. Bakso

Bakso tak pernah kehilangan penggemarnya. Bola-bola daging berkuah hangat yang disampaikan bersama bihun dan sawi ini sedap disantap di dikala hujan. Bagi yang menyenangi pedas, semangkuk bakso komplit dengan tambahan saos pedas akan menghadirkan sensasi tersendiri dikala menyantapnya.

Salah satu hidangan bakso yang tenar di Indonesia merupakan bakso dari Malang, Jawa Timur. Menurut beberapa sumber, udara kota Malang yang dingin membikin masyarakat setempat berkeinginan menikmati makanan panas berkuah untuk menghangatkan tubuh. Hal inilah yang disebut-ucap sebagai asal mula munculnya bakso Malang.

Yang membikin bakso khas Malang berbeda merupakan adanya tambahan pangsit goreng di dalam mangkuknya. Sekarang, kau tak perlu datang langsung ke Malang untuk dapat mencicipi bakso spesial ini sebab telah banyak daerah masakan yang menyajikan bakso khas Malang di bermacam-macam kota.

4. Sate

Sate, potongan daging yang ditusuk dan dibakar lalu disampaikan dengan saus kacang atau kecap manis dapat menggoyang lidahmu dengan langsung. Lazimnya, penjual sate dengan gerobak banyak beroperasi pada petang hingga malam hari, kecuali seandainya kau mencarinya di rumah makan atau kafe besar.

Bagi kau yang berkeinginan mencicipi hidangan sate yang berbeda, silakan datang ke Yogyakarta. Di sini, ada satu variasi sate yang tenar dengan keunikan rasa dan penyajiannya, namanya Sate Klathak Pak Pong. Sate berbahan daging kambing ini ditusuk memakai jeruji besi. Jeruji besi diandalkan dapat menghantarkan panas dengan bagus sehingga potongan daging dapat matang sempurna. Kecuali itu, daging juga tak banyak dibumbui, cuma memakai garam dan merica, lalu disampaikan bersama nasi hangat dan kuah gulai.

5. Soto

Di Indonesia, masakan bernama soto telah tak asing lagi. Kau tak akan sulit menemukan bermacam-macam variasi soto khas nusantara, beberapa soto yang tenar berasal dari Padang, Betawi, dan Lamongan.

Soto merupakan variasi makanan berkuah segar dengan potongan daging ayam atau sapi dan ditaburi bawang goreng di atasnya. Namun, tiap-tiap daerah hakekatnya punya ciri khas masing-masing dalam penyajian sotonya. Umpamanya, soto Betawi yang kuahnya tak jernih tapi kental bersantan, atau soto Lamongan yang bertabur bubuk koya gurih nan lezat. Malah di Medan, ada soto yang memakai bahan tambahan berupa udang dan berkuah santan kental. Soto ini dikenal dengan nama soto Kesawan dan menjadi salah satu masakan patut coba seandainya berkunjung ke Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *