site

desc

Kuliner

Kuliner Khas Situbondo

kuliner khas situbondo

Situbondo, sebuah kota yang terletak di pesisir utara Provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki keberagaman kuliner yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat. Berikut adalah beberapa kuliner khas Situbondo:

  1. Rujak Soto:
    • Rujak soto adalah hidangan yang menggabungkan dua hidangan populer, yaitu rujak dan soto. Rujak soto Situbondo biasanya terdiri dari sayuran segar, tahu, tempe, dan daging yang disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.
  2. Soto Situbondo:
    • Seperti di banyak daerah di Indonesia, Soto Situbondo juga populer. Soto ini biasanya menggunakan daging ayam atau sapi, dan kuah kaldu yang kaya rempah. Soto ini disajikan dengan nasi, taoge, daun bawang, dan bumbu tambahan seperti sambal.
  3. Ikan Bakar:
    • Karena Situbondo berada di daerah pesisir, hidangan ikan bakar menjadi favorit. Ikan segar dibumbui dan kemudian dipanggang hingga matang. Ikan bakar ini biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan.
  4. Nasi Jagung:
    • Nasi jagung adalah hidangan tradisional yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan jagung. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ikan bakar, ayam goreng, atau sambal.
  5. Getuk Lindri:
    • Getuk lindri adalah kudapan khas Situbondo yang terbuat dari ketan dan kelapa parut. Getuk slot bonus new member 100 di awal ini memiliki tekstur lembut dan manis, dan kadang-kadang diberi pewarna alami seperti daun pandan.
  6. Lontong Kupang:
    • Lontong kupang adalah hidangan yang terbuat dari lontong (ketan yang dibungkus daun pisang) yang disajikan dengan kuah kupang, sebuah jenis kerang kecil. Kuahnya kaya rasa dan biasanya diberi bumbu seperti bawang goreng dan sambal.
  7. Rujak Petis:
    • Rujak petis adalah variasi rujak dengan bumbu petis (pasta udang yang kental dan berwarna hitam). Rujak ini berisi buah-buahan segar, tahu, dan tempe yang disiram dengan bumbu petis yang khas.
  8. Pecel Lele:
    • Pecel lele adalah hidangan yang terdiri dari lele goreng yang disajikan dengan sambal kacang dan lalapan. Pecel lele ini biasanya memiliki rasa gurih dan pedas.
  9. Nasi Pecel:
    • Nasi pecel adalah nasi yang disajikan dengan sayuran rebus dan dicampur dengan sambal kacang. Pecel ini biasanya ditambahkan dengan tempe, tahu, dan lalapan segar.

Kuliner khas Situbondo mencerminkan keberagaman bahan lokal dan kekayaan bumbu-bumbu Indonesia. Saat berkunjung ke Situbondo, mencicipi hidangan-hidangan khas ini bisa menjadi pengalaman kuliner yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *