site

desc

Uncategorized

Mengenal 5 Kuliner Tradisional Pontianak yang Menggugah Selera

Kaya akan keanekaragaman budaya, Pontianak tidak sbobet88 hanya menyuguhkan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga menghadirkan kelezatan makanan khas yang sulit ditemukan di daerah-daerah lain di Indonesia. Kuliner tradisional ini mengandung cita rasa yang unik dan berbeda dari masakan khas daerah lain, menjadikannya sesuatu yang harus dicicipi oleh para pecinta kuliner.

Walaupun jarang terdengar, Pontianak menyimpan sejumlah makanan lezat yang berasal dari Tanah Borneo ini.

BerikutĀ  beberapa makanan khas Pontianak yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bingke

Bingke merupakan makanan khas Pontianak yang terbuat dari campuran telur dan tepung. Keunikan dari kue Bingke ini terletak pada variasi rasa yang ditawarkannya, seperti tambahan keju, cokelat, dan bahkan durian. Bentuknya mirip dengan martabak manis atau kue tar keju. Proses pembuatannya hampir sama dengan kue lumpur pada umumnya. Bingke menjadi oleh-oleh yang wajib dicicipi jika Anda berkunjung ke Pontianak.

2. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar berasal dari daerah pedalaman Kalimantan Barat, namun sering disajikan pada acara-acara daerah atau kenegaraan. Makanan khas Pontianak ini jarang ditemukan karena tumbuhan yang digunakan untuk kue ini dilindungi. Meskipun begitu, untuk melestarikan adat dan budaya, Kue Kantong Semar tetap diizinkan dengan berbagai upaya pemeliharaan.

Kue ini terdiri dari beras pulut yang dicampur dengan kacang merah, kemudian dikukus. Keunikan rasa dan tampilannya membuat makanan ini sangat menarik dan menggugah selera.

3. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng Srikaya adalah makanan khas Pontianak yang cukup terkenal. Biasanya disantap sebagai teman minum kopi saring dengan daya tarik tersendiri. Pisang nipah, yang hanya tumbuh di Pontianak, menjadi bahan dasar dari makanan ini. Pisang goreng ini dilumuri dengan selai srikaya yang merupakan perpaduan telur dengan buah srikaya, menambah cita rasa yang lezat. Masyarakat Pontianak menyantap makanan ini sebagai sarapan pagi atau makanan penutup di malam hari.

4. Bubur Ikan Pontianak

Bubur Ikan Pontianak adalah hidangan yang menggunakan nasi, kuah, sayuran segar, dan taburan beragam ikan laut atau ikan sungai. Tambahan telur ayam kampung juga menyempurnakan cita rasa dan kelezatan bubur ikan Pontianak ini.

5. Pengkang

Pengkang adalah camilan khas Pontianak yang terbuat dari olahan beras ketan dengan isian ebi yang gurih. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang hingga menghasilkan aroma yang menggugah selera.

Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, Pontianak juga memanjakan lidah dengan keunikan kuliner tradisionalnya. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan makanan khas yang menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Pontianak. Selamat menikmati kuliner khas Pontianak yang lezat dan unik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *